Bidang Kesejahtraan dan Usaha

Program prioritas Bidang Kesejahteraan dan Usaha

Kesejahteraan pekerja/buruh merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dalam dunia usaha baik itu pengusaha, pekerja itu sendiri maupun instansi-instansi pemerintah yang dalam tugas pokoknya mengelola sumber daya manusia dan pihak-pihak lain dari kelembagaan swasta. Kesejahteraan itu merupakan sasaran pokok terlepas dari sistem dan teknologi apa pun yang dipakai dalam proses produksi. Salah satu aspek dari pada kesejahteraan manusia ialah keselamatan dan kesehatan kerja terutama dalam era industrialisasi. Pekerja yang kesejahteraannya buruk, tidak hanya menyebabkan rasa kecil hati tetapi produktivitas mereka akan menurun. Lebih lanjut mereka tidak menaruh minat, apatis dalam melakukan pekerjaan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan akan berkurang pula, mengingat pentingnya issue kesejahteraan bidang kerja Kesra dan Usaha PP FSP-RTMM SPSI merumuskan program prioritas sebagai berikut:

  1. Melakukan kajian PKB untuk dijadikan rekomendasi ideal PKB yang disesuaikan dengan klasifikasi perusahaan.
  2. Melakukan kajian K3 (beban psikologis pekerja) untuk dijadikan bahan rekomendasi.
  3. Mendorong pembentukan dan/atau memberdayakan koperasi pekerja agar dapat bersinergi dengan serikat pekerja dalam upaya bersama meningkatkan kesejahteraan anggota.
  4. Mendorong dilaksanakannya kegiatan keagamaan, olah raga, kesenian secara rutin/periodik, guna meningkatkan motivasi, semangat, kompetisi yang sehat, rasa syukur dalam bingkai nilai-nilai budaya Indonesia, sebagai bagian upaya menciptakan kesejahteraan (rasa aman dan damai)
  5. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang memberikan manfaat kepada perbaikan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.