Lembaga Media Komunikasi dan Informasi RTMM

Lembaga Media, Komuniaksi, dan Informasi (LMKI) RTMM dibentuk atas kebutuhan organisasi yang menyesuaikan kemajuan jaman dan perkembangan teknologi saat ini, serta menyesuaikan kemampuan organisasi dengan tetap berdasarkan pada amanat MUNAS VI FSP RTMM-SPSI Tahun 2020, Nomor : KEP.07/MUNAS VI/FSP RTMM-SPSI/XII/2020 Tentang penetapan perubahan dan/atau penyempurnaan AD, ART, dan PO FSP RTMM-SPSI untuk periode 2020-2025, yaitu dijelaskan dalam Anggaran Dasar pasal 25, Anggaran Rumah Tangga pasal 23, dan Peraturan Organisasi pasal 75-80. Untuk Ketua Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) FSP RTMM-SPSI Tingkat Nasional saat ini adalah Tubagus Didi Aswadi.

Tujuan, tugas, dan wewenang Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun program penggunaan media komunikasi dan informasi sebagai sarana interaksi antar struktur maupun dengan anggota.
  2. Menentukan sarana dan prasarana media untuk menyampaikan informasi tentang organisasi kepada struktur maupun anggota SP RTMM – FSP RTMM-SPSI serta para mitra dan publik.
  3. Mengelola informasi untuk mendukung kebijakan organisasi sesuai tingkatan masing-masing.
  4. Menyediakan konten lintas sektoral, akses informasi, dan pengelolaan media komunikasi publik dengan persetujuan pimpinan di tingkat masing-masing.
  5. Menjalankan fungsi kehumasan organisasi atas rekomendasi pimpinan pada tingkatan masing-masing.
  6. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan oleh organisasi sesuai situasi dan kondisi di tingkatan masing-masing untuk kepentingan organisasi.
  7. Melakukan langkah-langkah yang mendukung tercapainya program umum yang  diamanatkan MUNAS juga program kerja dan keputusan-keputusan organisasi di tingkatan masing-masing.
  8. Melakukan  evaluasi terhadap kegiatan  yang sudah  dilaksanakan sebagai laporan  sekaligus  bahan  pertimbangan  untuk kegiatan selanjutnya.

Untuk mempermudah koordinasi dan optimalisasi Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM, maka pembentukannya harus mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan serta cakupan dan kedudukannya sebagai berikut:

  1. Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM Tingkat Nasional mencakup seluruh wilayah Indonesia dan berkedudukan di Sekretariat PP FSP RTMM-SPSI.
  2. Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM Tingkat Provinsi mencakup seluruh wilayah Provinsi dimana terdapat unsur PD FSP RTMM-SPSI dan berkedudukan di Sekretariat PD FSP RTMM-SPSI setempat.
  3. Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM Tingkat Kabupaten/ Kota mencakup seluruh wilayah Kabupaten/Kota dimana terdapat unsur PC FSP RTMM-SPSI dan berkedudukan di Sekretariat PC FSP RTMM-SPSI setempat.
  4. Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM Tingkat Unit Kerja mencakup satu perusahaan dimana terdapat unsur PUK SP RTMM dan berkedudukan di Sekretariat PUK SP RTMM setempat.

Ruang lingkup kerja Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM secara lengkap adalah sebagai berikut:

  1. LMKI-RTMM terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu:
    • Bagian pengelolaan media komunikasi dan informasi;
    • Bagian pengelolaan kehumasan dan komunikasi publik.
  2. Tugas pengelolaan media komunikasi dan informasi, mencakup:
    • penggunaan media komunikasi, baik elektronik maupun sosial guna memudahkan koordinasi antar struktur kepemimpinan SP RTMM – FSP RTMM-SPSI;
    • penggunaan media komunikasi, baik elektronik maupun sosial untuk memudahkan sosialisasi kebijakan dan/atau kegiatan organisasi SP RTMM – FSP RTMM-SPSI;
    • penentuan media komunikasi guna mendukung pelaksanaan kegiatan yang tidak bisa dilakukan secara konvensional;
    • kerjasama dengan media eksternal bagi optimalisasi pencapaian tujuan organisasi SP RTMM – FSP RTMM-SPSI;
    • bertanggungjawab atas pengelolaan data organisasi secara elektronik.
  3. Tugas khusus pengelolaan kehumasan dan komunikasi publik, mencakup:
    • penentuan langkah-langkah publikasi, mulai dari tahap sebelum, sedang, dan setelah  kegiatan organisasi SP RTMM – FSP RTMM-SPSI;
    • publikasi kegiatan organisasi melalui media elektronik maupun sosial;
    • optimalisasi “branding” SP RTMM – FSP RTMM-SPSI sebagai serikat pekerja yang amanah, berkualitas dan bertanggungjawab;
    • terobosan-terobosan inovatif bagi upaya mendukung pencapaian visi dan misi organisasi SP RTMM – FSP RTMM-SPSI.
  4. Pelaksanaan tugas-tugas LMKI-RTMM sebagaimana tersebut di atas dilakukan dengan rekomendasi atau arahan pimpinan di tingkatan masing-masing.

Melalui pembentukan Lembaga Media, Komunikasi, dan Informasi (LMKI) RTMM tersebut, dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan masing-masing tingkatan diharapkan mampu berpartisipasi dalam upaya:

  1. Memaksimalkan penggunaan media komunikasi untuk menunjang pencapaian tujuan organisasi.
  2. Mengelola akun-akun media sosial RTMM sebagai sarana komunikasi antar perangkat SP RTMM – FSP RTMM-SPSI maupun anggota.
  3. Menjalankan tugas kehumasan SP RTMM – FSP RTMM-SPSI bekerjasama dengan Pimpinan SP RTMM – FSP RTMM-SPSI di masing-masing tingkatan.
  4. Menjalin Kerjasama dengan media konvensional maupun elektronik eksternal dengan persetujuan Pimpinan SP RTMM – FSP RTMM-SPSI di masing-masing tingkatan.
  5. Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksnaan kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatannya.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.