Bidang Keuangan

Program Prioritas Bidang Keuangan

Pentingnya manajemen keuangan yang perlu diketahui. Bisa dibilang, ruang lingkup manajemen keuangan yang berhubungan dengan pencarian dan pengelolaan dana  organisasi. Dalam suatu Organisasi Serikat Pekerja, adanya manajemen keuangan sangatlah penting. Karena manajemen keuangan mengatur aktivitas atau kegiatan Organisasi yang berhubungan dengan cara memperoleh pendanaan untuk menjalankan segala aktifitas Organisasi, setelah itu penggunaan dan pengalokasian dana tersebut, serta mengelola aset yang dimiliki oleh Organisasi agar tujuan Organisasi dapat tercapai secara maksimal.

Pada dasarnya manajemen keuangan adalah suatu kegiatan yang didalamnya melibatkan suatu  perencanaan, penganggaran dana, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi, Untuk mencapai kinerja yang optimal bidang Keuangan menyusun program prioritas sebagai berikut:

  1. Membangun mengembangkan sistem tata kelola  pemungutan, pengumpulan, penggunaan, dan pelaporan iuran anggota. Untuk mewujudkan tata kelola yang sehat dengan memaksimalkan pemasukan dan pengelolaan pengeluaran keuangan organisasi dengan sistem yang akuntabel.
  2. Melakukan upaya penertiban pembayaran iuran (penerapan sanksi dan insentif yang bertujuan untuk memotivasi).
  3. Membuat dan menyampaikan serta mengembangkan sistem laporan bulanan kepada lingkungan masing-masing (pengurus dan anggota) dan ditembuskan kepada perangkat organisasi di atasnya.
  4. Melaksanakan forum evaluasi iuran secara periodik atas implementasi ketentuan AD, ART, dan PO.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.